Minggu, 25 Agustus 2013

Cara Membuat Neonbox (langkah pertama)



Neonbox masih sangat dibutuhkan bagi mereka yang mempunyai bisnis/usaha, dari mulai Usaha Kecil, UKM bahkan sampai kepada usaha/bisnis yang sudah mendunia sekalipun. Mengapa..? Karena media promosi usaha atau branding dari sebuah merk atau produk ini masih cukup menarik dan dapat menjadi perhatian customer/pelanggan bila pemasangan tepat, dilokasi yang strategis dan dibuat dengan bagus.
Untuk Anda, para pengelola usaha wiraswasta, bsinis kecil-kecilan, tentu tidak ada salahnya untuk dapat membuat sendiri neonbox yang diinginkan.
Perlu diperhatikan, bahwa material neonbox dapat dibagi menjadi 4 hal bagian:
1. Hal yang berkaitan dengan design, baik design visual, dan konstruksi.
2. Bagian rangka dan konstruksi
3. Bagian electrical (lampu/penerangan)
4. Bagian pencetakan gambar/visual
5. Pemasangan di lokasi
Berikut akan dijhelaskan langkah-langkah satu-persatu pengerjaan bagian-bagian tadi, sebagai berikut:
Design.
Untuk design rangka/konstruksi Anda tentu tidak perlu risau. Cukuplah Anda mendesain dengan coret-coretan tangan.
Tetapi untuk design visual, Anda perlu mengerjakannya dengan cukup keahlian, karena disini Anda harus menggunakan media komputer, bisa desktop atau laptop asalkan memiliki program design seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator.
Untuk ini Anda dapat juga meminta bantuan tenaga setting pada rental-rental dan jasa design/pengetikan.
Mengapa harus design dengan program komputer tersebut?
Karena untuk mencetak gambar yang akan dipasang pada neonbox memang harus dicetak dari file, baik dalam format jpeg, ai, cdr atau psd (photoshop).
Buatlah design yang simple, mudah dipahami, tidak terlalu banyak kata-kata, cukup selling point, merk, alamat bila diperlukan, jangan pernah lupakan nomor telp yang dapat dihubungi.
Buat sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, tidak terlalu kecil, jika diperlukan pandangan jarak kejauhan, atau dari 2 arah jalan.
Konstruksi Rangka
Neonbox dibuat se-ringan mungkin tapi cukup kuat. Bila neonbox kecil, misalkan berukuran 1 x 1m, atau 2 x 1m, tanpa menggunakan tiang (menempel pada dinding lisplang, buatlah dengan besi yang ringan. Tapi bila menggunakan tiang, single atau double pole, buatlah dari bahan besi yang ketebalan cukup.
Rangka Neonbox:
Rangka neonbox biasa dibuat menggunakan besi hollow/kotak, uk. 3 x 3, atau 2,5 x 2,5cm dengan ketebalan antara 1,4 – 2mm. Potong besi dengan alat yang ada,  gergaji besi atau bisa menggunakan gerinda penghalus yang diganti mata potong dengan gerinda potong/tipis. Biasa dijual ditoko-toko besi mata gerinda ini harganya Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,- per buah dengan kualitas yang bagus.
Bentuk, potongan-potongan besi, lalu sambung dengan menggunakan mesin las/trfo las.
Buatlah seperti gambar berikut:
Rangka Neonbox

Untuk langkah pertama selesai sudah.
Kami segera mengupdate posting ini berikutnya segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar